Halo DUNIA. Temukan artikel seputar Tutorial, teknologi dan internet di SUMBARANG;. Dapatkan berita tentang teknologi, komputer, gadget, programming dan banyak lagi

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 27 Januari 2019

Inilah 5 bahasa Pemrograman Yang Ikut Membangun Internet

Halo DUNIA!
Kembali lagi di Sumbarang;


Tanpa adanya seorang yang menulis code program, internet tak mungkin bisa berjalan. Seiring berjalannya waktu dalam perjalanan sejarah internet, ada beberapa bahasa tertentu yang jadi pondasi dasar web yang kita kenal saat ini dibuat.  berikut diantaranya 5 bahasa yang telah ambil peran dalam pembangunan internet modern.


1. Lisp

Walaupun jarang digunakan di internet namun Lisp telah bertanggung jawab atas pembangunan internet dalam banyak hal.  Pada akhir tahun 1950-an lisp ditemukan oleh John McCarthy.


Perkembangan lisp ketika john di MIT(Massachusetts Institute of Technology) lisp memiliki beberapa fitur modern untuk pertama kalinya, seperti kondisional. tapi apa yang benar-benar mengejutkan tentang lisp adalaah hal itu membuat tidak ada perbedaan antara kode dan data.


Lisp dapat memperlakukan data sebagai kode dan begitupun sebaliknya.  Lisp memungkinkan perluasan bahasa dengan cara yang bukan dimaksudkan perancang, hal ini mencuatkan istilah "bahasa pemrograman yang dapat diprogram".


Lisp menjadi "bahasa pergaulan"  dari komunitas AI(artificial intelligence) , komunitas yang diutus DARPA untuk membangun apa yang akkhirnya menjadi internet di akhir tahun 1960-an.  Bahkan salah satu website populer seperti reddit versi pertamanya dibuat menggunakan Common lisp.


2. C

Bahasa pemrograman yang paling berpengaruh saat ini mungkin adalah C. Ditemukan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972. C dibuat untuk sistem operasi UNIX.  Bahasa C merupakan bahasa yang hampir terdapat diseluruh jenis komputer. C juga dikodekan diluar unix seperti windows misalnya.


Bahasa C bisa dikatakan bahasa yang memiliki sifat portable.  banyak lagi kelebihan bahasa pemrograman C.  bahasa ini dapat memungkinkan manipulasi data, dan juga bahasa C termasuk bahasa yang mudah untuk dipelajari.


3. PERL

Perl ditemukan di akhir 1980-an oleh Larry wall ketika ia di NASA. karakteristik dari bahasa perl adalah banyaknya jalan pintas dalam penyelesaian masalah-masalah yang umum dan penanganan teks. makanya perl menjadi sangat populer digunakan dalam program-program common gateway interface(CGI) dan berbagai protokol internet lainnya.


Waktu web lepas landas perl menemukan niche-nya sebagai salah satu bahasa pilihan untuk mengembangkan halaman web yang dinamis.  secara sintaksis menyerupai C namun diterapkan di tingkat yang lebih tinggi, tanpa perlu mengolah memori secara manual.  Ini dapat berarti si-pengembang dapat menulis, menguji dan men-debug program dengan cepat.


Namun pearl juga diberi banyak kritikan salah satunya adalah penggunaan banyak simbol-simbol(bukan huruf atau angka) sehingga bahasa ini menjadi susah untuk dipelajari. akhirnya kepopuleran pear diambil oleh PHP dan Phyton, namun tak bisa dipungkiri bahwa bahasa pearl berperan penting dalam perkembangan internet.


4. PHP

PHP ditemukan oleh Rasmurf Lerdorf pada tahun 1994.  berbicara tentang PHP tadi sudah disebutkan di point ke-4 bahwa PHP mencopot kepopuleran Pearl.  PHP banyak digunakan oleh website populer seperti Facebook misalnya.


Bahasa pemrograman PHP mungkin membuat para ilmuwan komputer mengejek anda tetapi bila ingin dianggap serius sebagai Web Developer bahasa PHP merupakan bahasa yang harus anda kuasai di resume anda.


Kenapa PHP begitu populer adalah karena Kodenya dapat disematkan secara lansung di halaman Web.  yang berarti kita tidak perlu menempatkan skrip PHP kita di program terpisah.


Ini membuatnya menjadi sangat mudah bagi orang-orang yang sudah belajar HTML dan mulai mempelajari PHP untu menambahkan interaktivitas halaman website-nya.  juga mudah untuk menghubungkan PHP dengan server SQL.


5. SQL

SQL merupakan bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam reational database.  bahasa ini juga relative mudah untuk dikuasai karena menggunakan perintah berbahasa inggris.


Beberapa implementasi dari SQL contohnya seperti MySQL, PostgreSQL atau SQLite.  SQLite merupakan varian lebih kecil yang digunakan banyak aplikasi salah satunya iTunes milik Apple.


Meskipun ditemukan oleh Edgaar F. Codd pada tahun 1970-an, SQL dan Relational Database masih butuh waktu untuk menjadi populer.  mulai dari Oracle yang mempopulerkan Relational Database Hingga MySQL membuatnya menjadi teknologi yang harus dimiliki untuk membangun setiap web.


Mode relasional memberikan cara simple serta efisien untuk mengatur data dalam jumlah yang besar.  Kita mungkin boleh memilih bahasa apapun untuk membuat aplikasi atau pun website tapi tak mungkin salah bahwa bahasa ini merupakan bahasa yang telah mempengaruhi perkembangan Web.


Jumpa lagi di artikel Sumbarang; berikutnya.
Sekian semoga bermanfaat.

1 komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman