Halo DUNIA. Temukan artikel seputar Tutorial, teknologi dan internet di SUMBARANG;. Dapatkan berita tentang teknologi, komputer, gadget, programming dan banyak lagi

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 08 Oktober 2018

SEJARAH SINGKAT BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL

Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer.  Bahasa ini sering digunakan sebagai pengantar pelajaran algoritma dan pemrograman di perkuliahan dan berikut sejarah singkatnya. 


Dipublikasikan pada tahun 1970. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan selama kurang lebih setahun yaitu pada tepatnya pada tahun 1968 - 1969.  Alasan mengapa Niklaus Emil wirth atau biasa disingkat Niklaus Wirth menciptakan bahasa pemrograman pascal ialah untuk mengajarkan pemrograman kepada mahasiswa di Universitas ETH Zürich di Swiss.




Niklaus Wirth
Niklaus Wirth merupakan seorang dosen di universitas tersebut dan juga merupakan peneliti serta salah seorang ilmuwan berkebangsaan Swiss.



Blaise Pascal

Blaise Pascal namanya, adalah seorang ahli matematika, fisikawan dan penulis berkebangsaan perancis yang lahir pada tahun 1623 dan meninggal pada umur 39 tahun tepatnya di tahun 1662. Blaise pascal ialah ilmuwan yang berhasil menemukan mesin hitung mekanis pertamakali di dunia.  Mesin hitung ini merupakan "nenek moyang" komputer modern yang kita pakai saat ini.  Nama bahasa pemrograman Pascal terinspirasi dari nama ilmuwan tersebut.

Pascal didesain dengan pemrograman terstruktur (structured programming) dan menjadi sangat  populer serta banyak digunakan oleh bahasa-bahasa pemrograman setelahnya.  Seiring berjalannya waktu, kini bahasa pascal juga dapat digunakan untuk aplikasi komersil.

Sejak dipublikasikan oleh pada 1970, bahasa pemrograman Pascal mulai digunakan oleh berbagai universitas di Eropa dan Amerika. Walaupun demikian, compiler pascal (sejenis program untuk menjalankan perintah-perintah bahasa pascal) masih terbatas untuk kalangan tertentu. Karena saat itu harga komputer masih sangat mahal dan umumnya hanya terdapat di perusahaan atau universitas besar.

Pascal merupakan bahasa pemrograman data-oriented. Programmer dapat membuat tipe data sendiri. Walaupun demikian, pascal sangat ketat aturan. Setiap variabel hanya bisa menggunakan tipe data tertentu dan harus dideklarasikan terlebih dahulu. Jika tidak, yang terjadi ya eror.

Bahasa pemrograman pascal termasuk mudah bagi para programmer pemula pada saat itu.  Dikarenakan Pascal tidak jauh beda dengan bahasa inggris sehari-hari.  Sehingga Pascal lebih mudah untuk dipelajari.

Turbo Pascal dan Free Pascal merupakan salah satu dari sekian kompiler pascal.

Jumpa lagi.
Sekian dan Terima Kasih

Referensi:
  • https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-pascal-sejarah-bahasa-pemrograman-pascal/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Blaise_Pascal
  • https://www.penemu.co/penemu-mesin-hitung-blaise-pascal/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Niklaus_Wirth


5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. wah. terima sudah kasih sudah berkunjung gan, hehe

    BalasHapus
  5. waha terima sudah kasih sudah berkunjung gan, hehe

    BalasHapus

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman