Halo DUNIA. Temukan artikel seputar Tutorial, teknologi dan internet di SUMBARANG;. Dapatkan berita tentang teknologi, komputer, gadget, programming dan banyak lagi

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 22 Januari 2019

Kenapa harus bisa coding?

Halo DUNIA!
kembali lagi nih di SUMBARANG;

Pemrograman komputer adalah sesuatu yang sangat fleksibel yang bisa anda gunakan untuk melakukan hal-hal luar biasa ataupun hal biasa.  Pemrograman tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari.


contoh jika anda menggunkan aplikasi chatting di smartphone atau anda hanya sekedar menekan tombol untuk bermain game itu semua merupakan sebagian dari contoh hasil pemrograman.  Bisa dikatakan kita sudah tenggelam oleh pemrogrman dan bahkan mungkin beberapa software ikut serta dalam menjalankan kehidupan anda.  Contoh aplikasi chatting...

 
Jika tidak ada aplikasi chatting maka sampai sekarang untuk sekedar mengirim kata salam kita harus menelepon dahulu. bagaimana menurut anda?  
Kenapa kita tidak coba belajar pemrograman?

Berikut adalah kutipan dari salah seorang tokoh terkenal


"Everybody in this country should learn how to program a computer... because it teaches you how to think."

                                                                                                       ---Steve Jobs---

yah kira-kira artinya seperti ini:


"Semua orang di negara ini harus belajar bagaimana cara memprogram komputer...karena itu mengajarkan anda bagaimana cara berpikir"


---Google translate---

Hanya karena belajar pemrograman bukan berarti anda diberi tanggung jawab untuk menjadi "the next Steve jobs".  Kita tidak harus membuat program yang dapat menyelesaikan masalah semua orang di dunia, tapi setidaknya untuk masalah kita sendiri.


Sebagai contoh kalian akan membuat program yang dapat menjawab sebuah pesan secara otomatis merespon seluruh pesan yang baru masuk di smartphone anda.  Semisal seseorang mengirimi anda pesan "Assalamu'alaikum".  Program akan mendeteksi kata "Assalamu'alaikum" apakah termasuk kata kunci yang anda tentukan sebelumnya. Bila iya maka pesan akan secara otomatis direspon oleh program dan mengirim pesan balasan "Wa'alaikumsalam" semisalnya.  


Dan hal tesebut dilakukan tanpa anda harus membuka pesan tersebut.  atau anda mungkin ingin bisa spesifik kepada siapa saja yang ingin anda balas pesannya.  kalian bahkan bisa membuat program yang "lebih" lagi semua tergantung imajinasi kita.

Ok! berikut alasan mengapa kita harus ngoding mulai hari ini!


1. Ngoding membuat cara berpikir anda menjadi kreatif dan terstruktur.


Ketika programer diberikan suatu masalah untuk diselesaikan mereka tidak lansung mengubah hal tersebut lansung menjadi code.  Mereka akan meneliti masalah tersebut dengan cara memecah masalah tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil lalu diselesaikan satu persatu.  Lalu bagaiamana dengan non-programmer apakah cara mereka sama? mungkin sama tapi langka.

 
Ketika kita belajar pemrograman anda akan melatih pikiran anda bekerja dalam format terstruktur dan memecah masalah menjadi lebih kecil sehingga mudah diapahami.  Setelahnya baru anda memikirkan solusinya secara logis dan memahaminya lebih baik seiring berjalannya waktu anda bahkan dapat memikirkan banyak solusi kreatif hanya untuk satu masalah.

2. Pemrograman membuat sesuatu menjadi lebih mudah


Sebuah program komputer dapat memudahkan pekerjaan kita.  Sebuah pekerjaan berulang-ulang yang dapat membuat kita bisa "gila" contohnya kalian akan menulis "Daftar  CPNS " tak akan 
masalah bila pesertanya hanya 10 - 20 orang saja tapi bagaimana kalau sampai ratusan bahkan ribuan orang??? ditulis secara manual??? itu ya makannya bisa "gila". contoh lain?

Kalian memiliki tugas untuk menentukan nilai tertinggi dari 4  kolom data yang dimana di setiap kolom ada 100 nilai, secara manual? akan butuh waktu bukan?  dengan sedikit pemrograman anda dapat menemukan nilai tersebut.


Dengan cepat tidak hanya untuk 4 kolom bahkan ratusan kolom.  dengannya membuat anda bekerja 1000x lebih efisien (mungkin).  dengan pemrograman sangat mungkin menyelesaikannya dengan beberapa kali klik saja.  Jadi anda dapat membuat program-program kecil untuk membantu pekerjaan anda.

3. Menjadi pribadi yang tekun


Ketika belajar pemrograman kita tidak memandang suatu masalah hanya sebagai suatu masalah tapi juga disertai dengan solusi. Otak kita akan mulai berfungsi demikian. Bila kita menemukan suatu masalah (setelah mempelajari pemrograman tentunya) kita mulai berimajinasi atau membayangkan kemungkinan-kemungkinan suatu cara untuk menyelesaikannya.  Bahkan mungkin anda dapat memprediksi suatu masalah yang terjadi sebelum anda menjalankan program tersebut.


Sebagai programmer anda harus berpikir logis tentang suatu masalah.  setelah anda mulai belajar "ngoding", anda akan menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah.  anda akan mencoba lagi dan lagi.  Lalu anda akan menjadi orang yang sabar karena anda tahu bahwa masalah selalu ada solusi dan untuk mendapatkanya anda memerlukan beberapa usaha lain. Seperti ketika anda membuat sebuah program lalu anda menjalankannya lalu terjadi eror, lalu anda debug beberapa kali hingga sampai pada pemecahan masalah yang sempurna.


Pemrograman itu menyenangkan, bahkan bila anda hanya tahu dasar-dasarnya saja anda bisa membayangkan banyak solusi untuk satu masalah anda.  Belajar pemrograman itu membuat anda jadi lebih percaya diri karena kita memiliki kekuatan! (kekuatan super :v).


4. Belajar coding anda tidak harus kuliah


belajar coding itu menyenangkan ya karena anda tidak harus belajar di universitas jurusan komputer.  anda tidak harus bertatap muka dengan dosen setiap kali anda belajar coding. banyak sumber-sumber materi yang beredar di internet seperti google, youtube atau semacamnya.


Banyak kok programmer hebat yang belajar secara otodidak. anda juga tidak harus jenius untuk bisa coding yang dibutuhkan adalah rajin dan tekad yang kuat lalu rasakanlah merdeka!

5. Polyglot komputer


polyglot? apaan tuh?  itu loh seseorang yang dapat berbicara dengan banyak bahasa. lalu bagaimana dengan polyglot komputer?  Dalam belajar pemrograman kita pasti akan belajar yang namanya bahasa pemrograman dan biasanya seorang programmer menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman.  yah itulah mengapa saya bisa bilang bahwa programmer adalah seorang polyglot komputer. (yah ini hanya pendapat pribadi penulis :v)


6. Mengubah komputermu menjadi alat yang powerfull


Biasanya komputer hanya sebagai alat yang digunakan untuk kita berinteraksi dengan internet, membuat tugas-tugas sekolah, menonton video, dan sebagainya.  Tapi bila kita belajar pemrograman kita dapat membuat komputer/laptop kita menjadi alat yang powerfull.  Untuk apa? ya tadi untuk menyelesaikan masalah. Yang tadinya kita hanya pengguna aplikasi sekarang kita bisa menjadi pencipta aplikasi.


7. Interaksi yang lebih banyak 

Tentu dalam mempelajari pemrograman anda akan dihadapakan dengan beberapa masalah seperti bug atau program tidak jalan sama sekali.  kita bisa mencari solusinya kita dengan mudah diinternet namun, untuk beberapa masalah walaupun kita sudah menemukan jawaban tersebut kita belum tentu menegerti maksud dan cara pakainya.
 

Untuk itu kita butuh orang-orang dunia nyata agar dapat menjelaskan maksud penggunaannya dengan sangat-sangat jelas.  Dan juga secara tidak lansung kita telah melakukan "make a match" hmm? apaan tuh? pembelajaran dengan menemukan teman(pasangan) agar pembelajaran jadi efekif dan menyenangkan. (Pauziah, 2017:4).
 

Dengan kata lain interaksi kita tidak hanya dengan laptop semata. kita dapat berinteraksi dengan orang banyak entah itu dari dunia maya atau nyata. entah komunitas atau individu.  yang mungkin dapat menjadi relasi yang bermanfaat dimasa depan :)

Nah gimana tertarik dong untuk belajar pemrograman?


Satu lagi, anda bisa berpartispasi dalam membangun SUMBARANG; dengan cara meninggalkan kritik, saran dan komentar atau anda bisa membagikan artikel ini keseseorang yang mugkin membutuhkan informasi ini.

Happy coding :)

Dan katakan "halo DUNIA!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman